Friday, March 13, 2020

Standar Pelayanan Kantor Pertanahan Kota Pontianak

Latar Belakang Perlunya Standar Pelayanan, yaitu :

  • - Kewajiban bagi penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas;
  • - Memberikan pemahaman dan persepsi yang sama bagi penyelenggara, masyarakat, dan pihak terkait terhadap standar pelayanan;
  • - Standar pelayanan di tiap unit pelayanan merupakan jaminan dan kepastian, baik bagi penyelenggara dalam memberikan, maupun bagi masyarakat dalam   menerima pelayanan.

 

Tujuan Standar Pelayanan, yaitu :

Adanya standar kepastian bagi penyelenggara maupun penerima pelayanan, sekaligus sebagai alat ukur dalam upaya meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, selaras dengan kemampuan penyelenggara sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat.

 

Sasaran Standar Pelayanan, yaitu :

  • Setiap penyelenggara mampu menyusun, menetapkan, dan menerapkan standar pelayanan publik dengan baik dan konsisten.

Prinsip Standar Pelayanan, yaitu :

- Sederhana

  Standar pelayanan harus mudah dimengerti, diikuti, dilaksanakan, diukur, dengan prosedur yang jelas.

- Partisipatif

  Penyusunan standar pelayanan harus melibatkan masyarakat dan pihak terkait

- Akuntabel

  Hal-hal yang diatur dalam standar pelayanan harus dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan.

- Berkelanjutan

  Standar pelayanan harus terus menerus dilakukan perbaikan sebagai upaya peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan.

- Transparansi

  Standar pelayanan harus dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat

- Keadilan

  Standar pelayanan harus menjamin bahwa pelayanan dapat menjangkau semua masyarakat

 

Komponen Standar Pelayanan, yaitu :

- Service Delivery

  1. Persyaratan

  2. Sistem, mekanisme, dan prosedur

  3. Jangka waktu pelayanan

  4. Biaya/tarif

  5. Produk pelayanan

  6. Penanganan pengaduan, saran dan masukan

- Manufacturing

  1. Dasar hukum

  2. Sarana prasarana/fasilitas

  3. Kompetensi pelaksana

  4. Pengawasan internal

  5. Jumlah pelaksanaan

  6. Jaminan pelayanan

  7. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

  8. Evaluasi kinerja pelayanan

 

Documents to download